Tips Menulis Puisi bagi Pemula

Tips Menulis Puisi bagi Pemula

  • January 28, 2021

router-setuphelp.com – Bagi sebagian orang, menulis merupakan salah satu hal yang membosankan. Sebagian lainnya kesulitan dalam menentukan ide untuk membuat tulisan. Jika Anda termasuk seseorang yang suka menulis namun kesulitan mencari ide, Anda dapat mulai menuliskan kalimat-kalimat yang telah dipikirkan dan buat menjadi beberapa baris.

Buat kalimat-kalimat yang telah Anda tuangkan ke dalam tulisan menjadi sebuah puisi. Belajar menulis puisi tidak perlu menggunakan banyak kalimat seperti tulisan lain yang kalimatnya dibuat kedalam beberapa paragraf. 

Mulai Berlatih Menulis

 

  • Mencari Inspirasi

 

Mulailah dengan mencari ide-ide segar dengan memperhatikan lingkungan sekitar Anda. Tulislah apa saja gambaran yang Anda dapatkan ke dalam satu atau dua bait. Mengawali penulisan puisi dapat menggunakan teknik curah pendapat, yaitu dengan membuat daftar ide yang didapat.

Inspirasi untuk membuat puisi yang menarik bisa didapatkan hanya dengan mengunjungi tempat-tempat kesukaan, berjalan-jalan di sekitar rumah, atau bahkan hanya dengan memperhatikan aktivitas orang-orang di sekitar Anda.

Penggambaran seorang tokoh atau sosok penting juga dapat dituangkan ke dalam bentuk puisi, sehingga karakter tokoh tersebut dapat menjadi inspirasi bagi setiap orang yang membaca puisi Anda.

  1. Pilih Tema yang Menarik dan Spesifik

Memilih suatu tema yang digambarkan secara spesifik akan lebih menarik perhatian pembaca. Selain itu, dengan berfokus pada satu tema akan membantu Anda mempersempit pendeskripsian dalam puisi itu sendiri.

Berfikir secara spesifik saat pemilihan tema juga membantu memperjelas isi puisi agar tidak meninggalkan kesan ambigu. Misalnya, saat Anda akan membuat puisi dengan tema “kebahagiaan”, cobalah dengan memilih tema yang lebih spesifik seperti “kebahagiaan saat mendapat kekasih”.

 

  • Pilihlah Bentuk Puisi sesuai Keinginan

 

Sebelum membuat puisi, Anda dapat mempelajari terlebih dahulu bentuk-bentuk puisi. Bentuk puisi yang Anda pilih bisa digunakan sebagai acuan penulisan puisi, terutama pada bagian struktur puisi. 

 

  • Tambah Referensi Penulisan dengan Membaca Karya Orang Lain

 

Membaca karya orang lain dapat memberi Anda gambaran yang lebih jelas tentang penggunaan bentuk puisi dan tema apa saja yang biasanya ditulis oleh para pujagga. 

Mulai Menulis Puisi

 

  • Pilihlah Citraan yang Nyata

 

Dalam penulisan sebuah puisi, sebaiknya Anda menghindari citraan yang bersifat abstrak dan pilihlah deskripsi yang konkret dalam menggambarkan sebuah objek tempat, ataupun seseorang. Anda juga dapat menggambarkan sesuatu dengan menggunakan kelima indera pada manusia, yaitu penglihatan, penciuman, pendengaran, perasa, dan sentuhan.

 

  • Gunakan Majas

 

Penggunaan majas dalam puisi akan meningkatkan keragaman dan membuat makna puisi semakin dalam. Majas yang sering digunakan yaitu metafora dan simile. Namun, banyak majas lain yang bisa Anda gunakan saat menulis puisi.

 

  • Buat Tulisan yang Nyaman Dibaca dan Didengar

 

Membuat puisi tujuannya adalah untuk dibacakan di depan khalayak. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan struktur puisi serta pemilihan kata saat mulai menulis agar puisi tersebut nyaman ketika didengarkan. 

 

  • Hindari Frasa yang Familiar

 

Salah satu daya tarik dalam puisi adalah penggunaan frasa yang jarang kita baca ataupun kita dengar. Anda dapat menghindari penggunaan frasa yang terlalu familiar dan menggantinya dengan berbagai frasa yang lebih kreatif dan unik.

Baca Juga : Puting Payudara Terasa Nyeri? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat draf puisi telah selesai, Anda dapat membacakannya dengan lantang baik di depan cermin, maupun di depan keluarga, teman, atau bahkan komunitas yang Anda miliki. Perhatikan intonasi pembacaan setiap baitnya, sehingga Anda akan mengetahui apakah puisi tersebut sudah baik atau perlu adanya revisi.

Santoso

E-mail : admin@router-setuphelp.com