Puting Payudara Terasa Nyeri? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Puting Payudara Terasa Nyeri? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • January 18, 2021

router-setuphelp.com – Salah satu bagian tubuh perempuan  yang rentan terserang nyeri adalah payudara dan sekitarnya. Ada beragam alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi, yang jelas apabila puting payudara sakit bila tersentuh maka Anda perlu segera mengatasinya agar tidak terus menerus tersiksa.

Nah, pada artikel kali ini kami akan jelaskan kepada Anda mengenai penyebab beserta cara mengatasi rasa nyeri/sakit pada puting payudara. Apabila ternyata saat ini Anda tengah mengalaminya, mari segera simak informasinya berikut ini sampai habis!

Apa Saja Penyebab Puting Mengeras dan Sakit?

Dilansir dari berbagai sumber kredibel, berikut adalah beberapa penyebab mengapa puting bisa terasa sakit bahkan mengeras.

  1. Terjadi gesekan dengan pakaian

Gesekan dengan pakaian secara intens disertai penggunaan pakaian yang terlalu ketat, seperti bra atau kaos rupanya dapat mengakibatkan rasa sakit.

 

  1. Infeksi 

Infeksi akibat adanya jamur terkadang dapat muncul pada payudara. Selanjutnya, kerusakan terhadap jaringan kulit sekitar payudara pun bisa terjadi dan ini bisa terasa sakit.

 

  1. Aktivitas seksual

Selain gesekan dengan pakaian, aktivitas seksual dimana bisa terjadi gesekan tubuh bagian dada juga bisa menyebabkan rasa sakit, lho.

 

  1. Menstruasi

Ketika sedang menstruasi, terkadang perubahan hormon pada wanita akan memunculkan gejala nyeri pada area payudara.

 

  1. Hamil dan aktivitas menyusui

Tak dapat dipungkiri bahwa saat hamil maupun menyusui, payudara akan terasa membesar, mengeras, bahkan sampai nyeri. Hal ini wajar dialami setiap perempuan yang sedang dalam kondisi tersebut.

Langkah-langkah Mengobati Puting yang Sakit/Nyeri

Pada kesempatan ini kami akan paparkan metode penyembuhan nyeri pada puting payudara bila disebabkan oleh akivitas menyusui. Berikut adalah cara-caranya.

  1. Tempelkan alat kompres hangat pada puting

Lakukan kompres dengan kompres basah yang hangat selepas menyusui buah hati untuk sedikit meredakan nyeri sekaligus memberikan puting.

 

  1. Oleskan sedikit cairan ASI

Apabila cairan ASI telah keluar, cobalah untuk mengoleskannya sedikit di area puting. Kandungan nutrisi alaminya terbukti dapat membantu meredakan rasa sakit serta mencegah infeksi jamur.

 

  1. Gunakan krim lanolin selepas menyusui

Cara selanjutnya adalah dengan mengoleskan krim lanolin selepas menyusui karena kandungan dalam krim tersebut dapat membantu meredakan rasa sakit sekaligus menjaga kelembapan kulit. Anda dapat membelinya secara mudah di apotek.

 

  1. Sebelum menyusui, cobalah menempelkan kompres dingin

Jika kompres hangat ditempelkan setelah menyusui maka gunakanlah kompres dingin sebelum melakukan aktivitas tersebut.

 

  1. Perbaiki posisi menyusui Anda

Selain menggunakan bantuan alat maupun obat, Anda juga bisa coba memperbaiki posisi ketika menyusui.

 

  1. Konsumsilah obat-obatan pereda nyeri

Selain diobati dari luar, nyeri juga dapat diatasi dengan bantuan obat-obatan. Cobalah untuk mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol yang terbukti ampuh sebagai obat anti-inflamasi.

 

  1. Konsultasi dengan dokter

Apabila setelah melakukan keenam metode di atas namun belum juga menunjukkan kesembuhan, alangkah lebih baiknya jika Anda segera mengunjungi dokter untuk mengonsultasikan keluhan serta meminta saran pengobatan yang terbaik. 

Baca Juga : Tata Cara Mencopot Pemasangan Aplikasi Pada Sistem Operasi Windows

Nah, demikian itulah penjelasan mengenai penyebab dan solusi puting payudara sakit bila tersentuh. Seperti telah dijelaskan di atas, jika nyeri masih tetap terasa dan bahkan semakin parah maka segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mengobatinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Santoso

E-mail : admin@router-setuphelp.com