Cara Email Lamaran Kerja yang Benar

Cara Email Lamaran Kerja yang Benar

  • December 28, 2020

all-truereligion.com – Dengan kemajuan teknologi dan internet, segala aktivitas termasuk melamar kerja jadi jauh lebih mudah. Anda tidak perlu lagi keluar rumah lalu mengirimkan cv secara langsung ke setiap perusahaan. Sekarang ini melamar pekerjaan lewat email sangat disenangi banyak orang. Akan tetapi apakah Anda sudah mengetahui cara email lamaran kerja yang benar seperti apa?

Sampai saat ini tidak banyak orang yang mengetahui cara mengirim lamaran lewat email dengan baik dan benar. Akibatnya lamaran jadi tidak dilirik perusahaan. Pastikan email lamaran Anda telah disiapkan dengan baik supaya perusahaan tertarik untuk melihat CV Anda. 

5 Cara Melamar Kerja Melalui Email

  1. Mempersiapkan Dokumen

Persiapan dokumen adalah hal yang paling utama untuk Anda lengkapi. Karena dari dokumen tersebut tim rekrutmen mengetahui identitas serta pengalaman Anda. Berikut dokumen yang wajib Anda lengkapi!

  • Surat lamaran kerja 
  • CV 
  • Scan ijazah
  • Scan daftar nilai
  • Scan kartu identitas
  • Scan sertifikat 
  • Scan pas foto

 

  1. Menggunakan alamat email profesional

Alamat email bisa menjadi penilaian juga untuk Anda. Hindari menggunakan alamat email yang berlebihan misalnya seperti ‘[email protected]’ atau ‘[email protected]’ . HRD yang melihat email seperti ini sudah pasti akan menilai email Anda tidak serius dan tentu saja langsung dihapus. 

 

Anda bisa membuat alamat email yang formal berdasarkan nama sendiri atau memakai angka dibelakang misalnya seperti ‘[email protected]’ atau ‘[email protected]’ . 

 

  1. Mengawali email dengan sapaan lengkap dengan jabatannya

Sama seperti format surat seperti biasa, ucapan salam dan juga divisi atau jabatan dituju ke siapa haru jelas. Anda dapat menulis salam seperti ini “Kepada yang terhormat HRD PT.XXX” atau “Kepada HRD PT.X. Jika di lowongan pekerjaan tertera nama lengkap HRD Anda bisa langsung menulis nama HRD tersebut, contohnya “Kepada Ibu Siska Anita, HRD Manager” .

Jika penulisan menggunakan bahasa asing, Anda dapat menggantinya dengan kata “Mrs” “Miss”.

 

  1. Menggunakan bahasa baku dan formal

Gunakan bahasa yang formal untuk mengirim lamaran ke perusahaan. Cantumkan posisi yang ingin Anda lamar dan membuat kalimat permohonan untuk posisi tersebut. Berikut contoh permohonan lamaran yang dapat Anda ikuti. 

 

“Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari perusahaan Bapak/Ibu yang sedang membutuhkan karyawan di posisi Staff Keuangan. Oleh karena itu saya berniat untuk mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.”

 

Setelah itu Anda tuliskan juga lulusan dari mana, fakultas, atau pengalaman secara singkat. Jika sudah, jangan lupa untuk menulis kalimat penutup yang sopan dan formal. 

 

  1. Waktu pengiriman email

Perhatikan waktu pengiriman email. Sebaiknya Anda mengirim email di waktu jam kerja sekitar pukul 09.00-12.00 atau 13.00-16.00. Tim rekrutmen akan segera mengecek email dan melakukan penilaian langsung di jam kerja tersebut. 

Baca Juga : Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Android dengan Aplikasi

Pastikan Anda memahami cara email lamaran kerja dengan baik dan benar supaya dokumen lamaran Anda dapat diterima perusahaan dan langsung dilakukan penilaian. Sebelum mengirim email ke alamat perusahaan, lakukan pemeriksaan ulang terhadap dokumen tersebut. 

Santoso

E-mail : admin@router-setuphelp.com